Teknik
/ Cara Menggambar Isometri Silinder Yang Baik dan Benar - Untuk menggambar
bentuk isometri dari suatu silinder perlu adanya garis bantu untuk mendapatkan
titik potong guna membuat garis lengkung sesuai dengan arah bentuk isometri
yang digambar.
Bentuk
isometrik terjadi karena arah pandangan yang miring. Untuk itu sebelum
menggambar arah miring dari silinder kita harus memahami dahulu bahwa bentuk
silinder adalah dari sebuah benda yang mempunyai tutup atas dan bawah berbentuk
lingkaran dengan ketinggian tertentu.
Yang
perlu dipahami adalah garis penghubung antara lingkaran atas dan bawah adalah
titik perempatan lingkaran.
Untuk
membuat lingkaran tanpa jangka harus dengan garis bantu
a.
Buat
bujur sangkar
b.
Bagi
bujur sangkar menjadi 4 bagian sama panjang baik arah mendatar maupun arah
tegak
c.
Hubungkan
garis bantu sisi tengah ke sudut menyilang dari bujur sangkar untuk 4 bagian
d.
Hubungkan
garis bantu dari sisi tengah ke sisi perempatan, untuk ke 4 bagian
e.
Hasil
perpotongan titik ke 4 tengah sisi dan ke 4 titik hasil perpotongan kalau
dihubungkan akan membentuk lingkaran.